Border Gateway Protocol (BGP)

Border Gateway Protocol (BGP), Mikrotik Cirebon, IT Solution Cirebon, Jaringan Komputer Cirebon

Border Gateway Protocol (BGP) adalah protokol routing yang digunakan untuk mempertukarkan informasi routing antar sistem otonom (AS) di internet.

BGP merupakan protokol routing yang kompleks dan berbeda dengan protokol routing lainnya seperti OSPF atau RIP. BGP digunakan untuk mengatur lalu lintas data antara jaringan besar dan mengoptimalkan pengiriman paket ke tujuan yang diinginkan.

Cara Kerja BGP.
BGP menghubungkan router yang berada di AS yang berbeda dan mempertukarkan informasi tentang jaringan yang terhubung ke masing-masing router. Ketika router menerima informasi baru, BGP akan memeriksa informasi tersebut dan menentukan jalur terbaik untuk mengirimkan data ke tujuan yang diinginkan.

BGP juga dapat mengenali perubahan topologi jaringan dan menyesuaikan jalur pengiriman data untuk mempertahankan efisiensi jaringan.

BGP juga menggunakan berbagai aturan dan kebijakan dalam memilih jalur terbaik untuk mengirimkan data. Aturan-aturan tersebut dapat disesuaikan oleh administrator jaringan untuk memastikan pengiriman data yang optimal dan aman.

Manfaat BGP.
Penerapan BGP pada jaringan memiliki beberapa manfaat, antara lain:
  1. Skalabilitas: BGP sangat cocok untuk jaringan yang besar dan kompleks, karena dapat mengelola banyak informasi routing yang bervariasi dengan efisien.
  2. Redundansi: Dalam jaringan yang terdiri dari banyak router dan koneksi, BGP dapat mempertahankan jalur redundan yang dapat digunakan jika jalur utama terputus.
  3. Optimalisasi pengiriman data: Dengan menggunakan BGP, administrator jaringan dapat memilih jalur pengiriman data terbaik yang dapat mengoptimalkan pengiriman data ke tujuan yang diinginkan.
  4. Keamanan: BGP juga dapat digunakan untuk mencegah serangan DDoS dan mengidentifikasi serangan yang terjadi pada jaringan.
Kesimpulan.
BGP adalah protokol routing yang digunakan untuk mempertukarkan informasi routing antar sistem otonom (AS) di internet. Protokol ini sangat cocok untuk jaringan yang besar dan kompleks, karena dapat mengelola banyak informasi routing yang bervariasi dengan efisien.

BGP juga dapat mempertahankan jalur redundan yang dapat digunakan jika jalur utama terputus dan dapat memilih jalur pengiriman data terbaik untuk mengoptimalkan pengiriman data ke tujuan yang diinginkan. Dalam penerapan pada jaringan, administrator jaringan harus dapat memahami aturan dan kebijakan BGP untuk memastikan pengiriman data yang optimal dan aman.

Border Gateway Protocol (BGP) - Lynix
Previous Post Next Post