IPv6

IT Solution Cirebon, Mikrotik Cirebon, Jaringan Komputer Cirebon

IPv6 (Internet Protocol version 6) adalah versi terbaru dari Protokol Internet (IP). Protokol komunikasi yang menyediakan sistem identifikasi dan lokasi untuk komputer di jaringan dan merutekan lalu lintas di Internet. IPv6 dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF) untuk mengantisipasi kelemahan alamat IPv4. IPv6 dimaksudkan untuk menggantikan IPv4. Pada Desember 1998, IPv6 menjadi Draft Standar untuk IETF, yang kemudian meratifikasinya sebagai Standar Internet pada 14 Juli 2017.

IPv6 memberikan manfaat teknis lainnya selain ruang pengalamatan yang lebih besar. Secara khusus, ini memungkinkan metode alokasi alamat hirarkis yang memfasilitasi agregasi rute di Internet, dan dengan demikian membatasi perluasan tabel routing. Penggunaan pengalamatan multicast diperluas dan disederhanakan, dan memberikan optimisasi tambahan untuk pengiriman layanan. Aspek mobilitas perangkat, keamanan, dan konfigurasi telah dipertimbangkan dalam desain protokol.

Alamat IPv6 direpresentasikan sebagai delapan grup, dipisahkan oleh titik dua, dari empat digit heksadesimal. Representasi penuh dapat disederhanakan dengan beberapa metode notasi; misalnya, 2021: d168: 0000: 0000: 0000: 886b: 0cfb: f1c8 menjadi 2021: d168 :: 886b: 0cfb: f1c8.

Fitur utama

IPv6 adalah protokol Lapisan Internet untuk pengerjaan paket-switched internet dan menyediakan transmisi datagram ujung ke ujung di beberapa jaringan IP. Erat mengikuti prinsip-prinsip desain yang dikembangkan dalam versi protokol sebelumnya, Internet Protocol Version 4 (IPv4).

Selain menawarkan lebih banyak alamat, IPv6 juga mengimplementasikan fitur yang tidak ada di IPv4. Ini menyederhanakan aspek-aspek konfigurasi alamat, jumlah jaringan, dan pengumuman router ketika mengubah penyedia konektivitas jaringan. Ini menyederhanakan pemrosesan paket dalam router dengan menempatkan tanggung jawab untuk fragmentasi paket ke titik akhir. Ukuran subnet IPv6 distandarisasi dengan memperbaiki ukuran porsi pengidentifikasi host alamat menjadi 64 bit.

Arsitektur pengalamatan IPv6 didefinisikan dalam RFC 4291 dan memungkinkan tiga jenis transmisi: unicast, anycast dan multicast.

Perbandingan dengan IPv4

Di Internet, data ditransmisikan dalam bentuk paket jaringan. IPv6 menentukan format paket baru, yang dirancang untuk meminimalkan pemrosesan header paket oleh router. Karena header paket IPv4 dan paket IPv6 berbeda secara signifikan, kedua protokol tersebut tidak dapat dioperasikan.

Namun, sebagian besar protokol transport dan lapisan aplikasi perlu sedikit atau tidak ada perubahan untuk beroperasi melalui IPv6. Pengecualian adalah protokol aplikasi yang menyematkan alamat lapisan Internet, seperti File Transfer Protocol (FTP) dan Network Time Protocol (NTP), di mana format alamat baru dapat menyebabkan konflik dengan sintaksis protokol yang ada.

Ruang alamat lebih besar

Keuntungan utama dari IPv6 dibandingkan IPv4 adalah ruang alamatnya yang lebih besar. Ukuran alamat IPv6 adalah 128 bit. Dibandingkan dengan 32 bit di IPv4. Oleh karena itu ruang alamat memiliki 2128 = 340,282,366,920,938,463,463,374,607,431,768,211,456 alamat (sekitar 3,4 × 1038). Beberapa blok ruang ini dan beberapa alamat khusus digunakan untuk penggunaan khusus.

Meskipun ruang alamat ini sangat besar, bukan maksud para perancang IPv6 untuk memastikan kejenuhan geografis dengan alamat yang dapat digunakan. Sebaliknya, alamat yang lebih panjang menyederhanakan alokasi alamat, memungkinkan agregasi rute yang efisien, dan memungkinkan implementasi fitur pengalamatan khusus.

Dalam IPv4, metode Classless Inter Domain Routing (CIDR) yang kompleks dikembangkan untuk memanfaatkan ruang alamat kecil dengan sebaik-baiknya. Ukuran standar subnet di IPv6 adalah 264 alamat, kuadrat dari ukuran seluruh ruang alamat IPv4, atau sekitar empat miliar kali lebih besar. Dengan demikian, pemanfaatan ruang alamat aktual akan kecil dalam IPv6, tetapi manajemen jaringan dan efisiensi perutean ditingkatkan oleh ruang subnet yang besar dan agregasi rute hierarkis.

IPv6 - Lynix
Previous Post Next Post