Bridge Mode Modem GPON

Modem GPON Huawei, ONT Huawei
(Modem GPON Huawei, ONT Huawei)
Sebelum kita membahas tentang Bridge Mode pada Modem GPON, sebagai permulaan kita kupas dulu tentang Modem GPON yang umum digunakan oleh raksasa operator telekomunikasi di Indonesia, yakni Huawei, dan ZTE.

Kita fokus dulu pada modem keluaran Huawei. Kenapa? Karena Modem Huawei bisa kita rubah mode operasinya sendiri (dari Route WAN menjadi Bridge WAN atau sebaliknya), tanpa bantuan dari pihak operator penyedia jasa telekomunikasi.

GPON Modem State O5
(GPON Modem State O5)
Pertama kita pastikan dulu ONT (Optical Network Terminal - Modem) yang akan kita gunakan ini berada dalam State O5. O5 adalah kondisi dimana perangkat ONT sudah sinkron dengan OLT (Optical Line Terminal), biasanya indikator (LED) PON tidak blinking hijau atau blinking merah (PON Loss - Terputus).

ONT Huawei Login Interface
(ONT Huawei Login Interface)
Login kedalam ONT Huawei interface. Gunakan browser yang terupdate (Chrome atau Firefox), masukkan IP default dari ONT Huawei, biasanya 192.168.100.1. Username: telecomadmin, Password: admintelecom.

Kualitas Optis, Nilai Redaman Optis
(Kualitas Optis, Nilai Redaman Optis)
Pastikan Kualitas Optis berkisar dari 16 dbm - 21 dbm (lingkaran merah), semakin kecil nilainya semakin kecil redamannya, dan semakin bagus kualitas link nya. Nilai redaman ini bisa juga diukur menggunakan OPM (Optical Power Meter).

WAN Information ONT Huawei
(WAN Information ONT Huawei)
Masuk ke tab WAN. Disini terlihat informasi dari WAN yang sudah dibuat. TR069 (layanan VOIP telephone) VLAN 100, menggunakan WAN mode Route WAN (lingkaran merah).

Bridge Mode ONT Huawei
(Bridge Mode ONT Huawei)
Dan informasi WAN Internet VLAN 200, menggunakan WAN mode Bridge WAN (lingkaran merah). Bawaan default dari modem bawaan Telkom sudah diset ke mode Route WAN. Untuk merubah nya tinggal pilih WAN mode nya ke Bridge WAN, dan click Apply.

Bridge Mode ONT Huawei
(Bridge Mode ONT Huawei)
Jika modem sudah berada dalam mode Bridge WAN (Internet VLAN 200), artinya modem sudah tidak memiliki kemampuan routing ke Internet (lingkaran merah). Karena modem hanya berfungsi menjadi jembatan (bridge) ke OLT.  Output Ethernet dan Wifi nya tidak ada akses ke Internet.

Tujuan utama dari Bridge Mode ini adalah kita akan memiliki kontrol penuh terhadap IP Public yang kita dapat dari proses Dial up PPPOE di router lanjutan, misal Mikrotik, dan Firewall yang lebih kompleks (complex security policy).

Untuk tipe modem lain seperti keluarga ZTE, proses perubahan mode WAN baik itu untuk TR609 (VLAN 100) dan Internet (VLAN 200) tidak bisa kita lakukan sendiri, melainkan harus menghubungi sentral pihak penyedia Telekomunikasi untuk melakukan perubahan mode WAN.

Lynix - Bridge Mode Modem GPON